Selasa, 14 Januari 2014

Cara Membuat Telur Balado Citarasa Pedas dan Nikmat

Cara Membuat Telur Balado - Balado merupakan masakan yang sudah tidak asing lagi bagi seluruh masyarakat di Indonesia khususnya. Masakan yang umumnya memiliki citarasa pedas ini merupakan masakan khas dari Minangkabau. Teknik memasak balado tidaklah sulit yaitu dengan menumis bahan-bahan seperti cabe giling dan campuran rempah yang lain misalnya bawang merah maupun bawang putih, dan juga jeruk. Meskipun rasa nya pedas namun ini tidak sama dengan sambal seperti smbal pada umumnya. Balado biasanya sebelum dihidangkan harus dimasak kembali dengan campuran bahan makanan lain seperti dendeng, teri, ikan, ayan dan banyak lagi semua terserah selera masing-masing. Dengan menambah cabe dan rempah-rempah pada bahan makanan lain dipercaya membuat makanan lebih awet daripada biasanya. Sehingga balado selain rasanya yang nikmat meskipun pedas juga disukai karena lebih awet.

Bahan yang digunakan khususnya cabe, biasanya digunakan cabe merah keriting, namun tidak menutup kemungkinan untuk menggunakan jenis cabe yang lain seperti cabe hijau yang juga tak kalah populer. Nah Resep yang akan kita buat kali ini adalah balado telur atau telur balado, ini penting karena penggunaan kata balado yang benar adalah dibelakang kata benda, seperti dari bahasa aslinya di Minangkabau sana. Namun orang sering kali sudah terlanjur melafalkannya secara terbalik hingga sudah menjadi kebiasaan menyebut balado telur. Cabe yang digunakan dalam resep kali ini adalah cabe merah seperti lazimnya yang sering digunakan, namun jika anda lebih memilih jenis cabai hijau semua tergantung selera masing-masing.

Cara Membuat Telur Balado Citarasa Pedas dan Nikmat

Nah untuk mempersingkat waktu akan segera saya bagikan resep spesial untuk anda di Cara Membuat Telur Balado Citarasa Pedas dan Nikmat dalam artikel yang berikul ini.

Bahan-bahan :
  • 8 butir telur
  • 20 gram cabai merah keriting (ditumbuk kasar)
  • 2 siung bawang merah (dirajang tipis)
  • 5 siung bawang putih (dihaluskan)
  • 1 buah tomat (direus dan dipotong-potong)
  • 1/2 sendok teh garam
  • 1/2 sendok teh gula pasir
  • 50 ml air
  • Minyak goreng secukupnya (untuk menumis)

Cara Membuat Telur Balado Citarasa Pedas dan Nikmat :
  1. Sebelum dimasak dengan balado, rebuslah telur hingga matang lalu angkat dan diamkan sesaat hingga dingin, selanjutnya kupas kulitnya. Setelah dikupas goreng telur hingga berwarna kekuning-kuningan, angkat dan tiriskan.
  2. Tumislah bawang merah hingga keluar aroma harum, lalu tambahkan cabe merah, bawang putih serta tomat dan aduk-aduk hingga warna berubah. Selanjutnya tambahkan air, gula dan garam, lalu aduk-aduk kembali hingga semua bahan tercampur rata. Terkahir masukkan telur yang sebelumnya sudah digoreng, aduk-aduk hingga terlur tercampur rata dengan balado, segera angkat dan sajikan dengan nasi panas.

Hmmmmm... aroma telur balado memang selalu menggugah nafsu makan, cara membuatnya mudah dan cepat. Bahan-bahan diatas untuk 8 orang. Selamat mencoba dan tetap berkreasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar