Minggu, 05 Januari 2014

Cara Membuat Babat Goreng Enak dan Nikmat

Cara Membuat Babat Goreng - Babat merupakan bahan makanan berupa daging yang berasal dari bagian lambung binatang, pada umumnya adalah berasal dari sapi. Babat sendiri biasanya digunakan sebagai lauk atau sebagai pelengkap untuk jenis makanan seperti soto, bakso atau biasa juga sebagai campuran dalam membuat nasi goreng babat. Dalam hal rasa babat memeng mampu menggugah selera para penikmatnya, tekstur dagingnya yang lembut dan kenyal menimbulkan rasa yang begitu nikmat dan membuat sensasi yang berbeda dari jenis daging yang lain.

Jika kita melihat babat sepintas akan terlihat seperti kain handuk pada bagian sisi dalamnya hal ini membuat anda dengan mudah mengenali jenis daging babat ini. Babat ini memiliki tekstur yang keras dan kenyal/alot, namun apabila di rebus dalam waktu tertentu tekstur akan berubah menjadi sangat lembut dan empuk. Saat merebus babat sebaiknya dibumbui dengan rempah-rempah, dan air sisa rebusan sebaiknya tidak digunakan karena aromanya sangat tidak enak.

Cara Membuat Babat Goreng Enak dan Nikmat

Nah kembali lagi ke menu masakan yang akan kita buat kali ini yaitu babat goreng. Tentunya anda sudah bisa membayangkan rasa dari babat goreng ini jika anda sering menikmati nasi goreng babat, namun tentu saja bumbu yang digunakan berbeda karena dalam nasi goreng babat hanya sebagai pelengkap atau lauk pelengkap saja. Namun bukan berarti dalam membuat babat goreng juga prosesnya terlalu sulit, bahkan bisa dikatakan sangat mudah dan singkat tanpa membutuhkan waktu lama. Nah jika anda sudah tidak sabar untuk segera membuat atau menikmatinya silahkan anda simak resep babat goreng di Cara Membuat Babat Goreng Enak dan Nikmat berikut ini.

Bahan-bahan :
  • 500 gram babat sapi (bersihkan dan potong dadu)
  • 1 batang serai
  • 2 lembar daun salam
  • 1 sendok teh asam Jawa
  • 1 liter air (untuk merebus)
  • Minyak goreng secukupnya

Bahan-bahan yang dihaluskan :
  • 4 siung bawang putih
  • 75 gram gula jawa/gula merah
  • 4 sendok teh biji ketumbar (disangrai)

Cara Membuat Babat Goreng Enak dan Nikmat  :
  1. Pertama rebuslah babat mersama dengan serai, daun salam dan asam Jawa hingga teksturnya menjadi empuk. Lalu masukkan semua bumbu yang telah dihaluskan dan lanjutkan merebus babat hingga air mendidih dan bumbu meresap. Angkat dan tiriskan.
  2. Langkah selanjutnya adalah goreng sebentar babat yang sudah direbus dengan bumbu, angkat dan tiriskan hingga kering dari minyak. Babat goreng siap disajikan bersama sambal dan lalapan sebagai lauk.

Babat goreng sudah jadi dan siap disajikan dalam waktu cepat, cukup mudah bukan? Bahan-bahan di atas bisa disajikan untuk 4 orang. Selamat mencoba dan berkreasi.

Catatan : Babat merupakan bagian jerohan yang ikut andil sebagai penyumbang kolesterol jahat, disarankan untuk mengkonsumsi dengan bijaksana untuk kesehatan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar