Rabu, 15 Januari 2014

Cara Membuat Bakwan Sosis Tahu Mantap Nikmat dan Gurih

Cara Membuat Bakwan Sosis Tahu - Bakwan merupakan makanan yang masuk dalam kategori gorengan yang dibuat dari campuran sayuran dan tepung terigu, ini merupakan bakwan yang lazim dibuat dan dikenal di seluruh Indonesia. Bakwan umumnya dikenal sebagai kudapan atau gorengan yang biasanya dijual oleh pedagang gorengan yang kini menjamur hampir diseluruh tempat dan di pinggir jalan. Jika dari sebagian orang belum tau bakwan sebenarnya merupakan makanan yang berasal dari daratan Cina yang jika dilihat dari asal kata nya Bak yang berarti daging. seperti halnya makanan lain yang berasal dari Cina dengan kata berawalan Bak, Bakpao, Bakso, Bakmi, Bakpia dan Bacang. Pada saat itu ketika terjadi pertukaran budaya dan perdagangan antara Cina dan Indonesia, maka berpengaruh juga dalam budaya kuliner tradisional, sejak itu bakwan dikenal di Indonesia meskipun bakwan yang sering kita temukan tidak lagi berisi daging. Bakwan sendiri memiliki beberapa sebutan di Indonesia seperti salah satunya orang di daerah Jawa Barat menyebut bakwan dengan nama bala-bala.

Dan seiring berkembangnya waktu dan tuntutan citarasa yang semakin tinggi, bakwan mengalami berbagai variasi rasa yang dari segi isinya. Jika kita sering melihat atau membeli bakwan sayuran seperti irisan kubis dan sebagainya, namun kini ada berbagai macam bakwan yang bisa kita temui, seperti misalnya bakwan jagung atau bahkan bakwan yang seperti aslinya di Cina berisi udang atau bakwan udang. Namun yang akan kita buat sekarang lain dari yang lain yaitu bakwan sosis tahu. Ini adalah variasai lain dari bakwan dan akan banyak lagi varian bakwan sesuai selara masing-masing.

Cara Membuat Bakwan Sosis Tahu Mantap Nikmat dan Gurih

Membuat bakwan sosis tahu tidak terlalu sulit seperti yang anda bayangkan, seperti juga bahan-bahan untuk membuatnya pun sangat mudah didapatkan. Yang terpenting dalam membuat makanan yang satu ini hanya niat saja dan semua akan jadi. Nah untuk itu bagi anda yang ingin mencoba menikmati bakwan dengan variasi yang berbeda silahkan simak resep spesialnya di Cara Membuat Bakwan Sosis Tahu Mantap Nikmat dan Gurih berikut ini.

Bahan-bahan :
  • 200 gram tahu Cina (haluskan)
  • 3 buah sosis (iris tipis-tipis)
  • 50 gram tepung terigu
  • 4 putih telur
  • 100 ml santan kental
  • 2 batang daun bawang (diiris halus)
  • 1/2 sendok teh kaldu instan
  • 1/2 sendok teh bubuk merica
  • 1 sendok teh garam
  • Minyak goreng secukupnya

Cara Membuat Bakwan Sosis Tahu Mantap Nikmat dan Gurih :
  1. Campurkan bahan-bahan : terigu bersama tahu, putih telur, sosis, dan santan, lalu masukkan juga daun bawang, merica bubuk, kaldu instan dan garam, aduk-aduk hingga semua bahan tercampur sempurna.
  2. Buatlah bentuk bulat dari adonan bakwan, lalu gorenglah adonan hingga warna kuning kecoklatan dan matang, segara angkat dan sajikan bakwan selagi hangat dengan pendamping saus sambal atau cabe rawit.

Mudah sekali bukan, hanya seperti membuat bakwan biasa hanya isinya saja yang berbeda. Bahan-bahan di atas bis disajikan untuk 4 orang. Nah tunggu apalagi selamat mencoba dan berkreasi. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar