Kamis, 27 Juni 2013

Cara Membuat Tumis Brokoli Jagung Manis Istimewa Nikmat



Brokoli yang dikenal dengan nama latin Brassica Oleracea merupakan tanaman sayuran dalam suku kobis-kobisan yang sangat populer meskipun baru masuk di Indonesia sekitar tahun 1700-an dan dikenal oleh banyak orang sebagaian menyebut kembang kol karena memang mirip, meskipun sebenarnya berbeda karena kembang kol berwarna putih sedangkan brokoli berwarna hijau. Tanaman sayur ini dikabarkan berasal dari daerah laut tengah dan sudah dibudidayakan pada zaman Yunani kuno sebagai sebagai tanaman sayuran dan di gunakan sebagai sumber bahan pangan. Bagian brokoli yang dapat dimakan adalah bagian kepala bunga yang berwarna hijau yang tersusun sangat rapat, brokoli sendiri merupakan tanaman yang bisa hidup dalam cuaca dingin.

Brokoli sebagai sayuran dan bahan makanan biasa diolah dengan cara direbus atau dikukus, bahkan bisa juga dimakan mentah sebagai lalapan. Namun cara terbaik untuk mengolah brokoli adalah dengan cara dikukus, sebab dengan dikukus segala macam vitamin dan nutrisi yang penting dan terkandung didalamnya tidak hilang selama diolah atau dimasak. sebab apabila brokoli diolah dengan cara direbus akan menghilangkan 50% asam folat yang terkandung dalam brokoli. Dan apabila dimasak dengan cara direbus sebaiknya tidak terlalu lama, tidak lebih dari 5 menit. Selain kandungan asam folat brokoli juga mengandung vitamin C dan kandungan serat yang sangat tinggi. Dan yang perlu anda ketahui brokoli juga mengandung senyawa glukorafanin yang diketahui merupakan bentuk alami senyawa antikanker sulforafana.

Cara Membuat Tumis Brokoli Jagung Manis Istimewa Nikmat

Setelah mengetahui sedikit sejarah serta kandungan nutrisi yang ada dalam brokoli pastinya anda segera ingin membuat masakan dengan bahan dasar sayuran ini kan? Nah jangan khawatir karena selalu ada resep yang pastinya disajikan special untuk anda. Nah daripada terlalu lama menunggu sebaiknya segera saja anda simak resepnya di Cara Membuat Tumis Brokoli Jagung Manis Istimewa Nikmat yang berikut ini.

Bahan-bahan :
  • 150 gram daging sapi (sandung lamur)
  • 200 gram brokoli (ambil kuntumnya rendam dalam air garam)
  • Air secukupnya (untuk merebus)
  • 1 buah jagung manis (diiris bulirnya)
  • 1 batang tahu jepang (diiris bulat, digoreng)
  • Minyak goreng secukupnya (untuk menumis)
  • 1/2 butir bawang bombay, diiris tipis
  • 1/2 buah tomat, dicincang kasar
  • 2 sendok makan saus sambal
  • 1 sendok teh garam
  • 1/2 sendok merica bubuk

Cara Membuat Tumis Brokoli Jagung Manis Istimewa Nikmat :
  1. Rebuslah daging sapi hingga matang dan empuk, angkat dan potong-potong bentuk dadu dan sisihkan. Takar air kaldu sisa rebusan sebanyak 150 ml dan sisihkan.
  2. Panaskan minyak, dan tumislah bawang bombay serta tomat cincang hingga layu dan harum. Masukkan potongan daging sapi serta jagung manis lalu aduk-aduk hingga rata.
  3. Tambahkanlah saus sambal, air kaldu bubuk merica serta garam. Aduk-aduk hingga rata dan masaklah hingga mendidih. Masukkan brokoli, aduk-aduk sebentar hingga setengah matang, segera angkat dan sajikan.

Nah demikian tadi cara membuat sajian nikmat untuk anda. Selamat mencoba dan berkreasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar