Senin, 03 Februari 2014

Cara Membuat Puding Singkong Carnation Nikmat dan Lezat

Cara Membuat Puding Singkong Carnation - Selamat berjumpa kembali bersama MenuInternasional pusat resep sejagad raya. Pada kesempatan yang dingin ini, karena hujan seharian lumayan tanpa henti hehehehe... saya akan menghadirkan resep yang tanpa sengaja saya dapatkan dari kemasan susu kaleng Carnation. Resep yang saya dapatkan dari kemasan kaleng tersebut ternyata resep dari Finalis lomba resep Carnation tahun 2012 yang lalu, dan resep yang dituliskan adalah resep puding singkong.

Nah kita semua tentunya tau apa itu puding, atau orang Indonesia sering menyebut agar-agar. Namun sebenarnya puding merupakan jenis makanan yang disajikan sebagaihidangan penutup dan pada umumnya terbuat dari bahan-bahan yang diolah dengan cara direbus, dipanggang maupun dikukus. Istilah puding juga bisa merujuk pada jenis pai yang berisi lemak hewan, buah-buahan atau daging yang dipanggang.

Pada umumnya puding disajikan pada saat setelah proses pedinginan, hal ini berlaku pada puding yang berbahan dasar susu (yoghurt), tepung tapioka maupun tepung maizena dan juga telur. Puding dengan bahan-bahan diatas biasanya berasa manis dengan tampahan perisa coklat, vanila, karamel dan juga buah-buahan. Nah agar-agar yang disebut banyak orang adalah salah satu jenis dari puding yang biasanya dibuat dengan mencampurkan agar-agar dengan susu, tepung maizena dan sering juga ditambah dengan telur kocok.

Cara Membuat Puding Singkong Carnation Nikmat dan Lezat

Sering sekali kita temukan berbagai jenis puding yang memiliki cita rasa tradisional dan hal ini sering kita temukan di negara Indonesia tercinta ini yaitu puding dengan campuran kelapa muda, santan kelapa, gula merah, tape ketan hitam dan aroma pandan juga daun suji. Ini sangat menarik dan rasanya juga tak kalah dengan puding-puding yang terkesan mewah itu. Anda yang penasaran ingin membuat puding dengan cita rasa tradisional, berikut resep special nya di Cara Membuat Puding Singkong Carnation Nikmat dan Lezat. Resep berikut saya ambil dari kemasan susu kaleng yang merupakan finalis lomba resep Carnation 2012.

Bahan-bahan I :
  • 100 gram singkong, kupas kulitnya, parut kasar lalu diperas
  • 150 gram gula pasir
  • 1/4 sendok teh garam
  • 3 tetes pewarna makanan merah cabe
  • 5 sendok makan air pandan (hasil dari 15 lembar daun pandan dan 5 sendok makan air)
  • 80 gram keju chedar (diparut)
  • 1 bungkus bubuk agar-agar

Bahan-bahan II :
  • 190 gram Nestle Carnation
  • 500 ml air
  • 1 bungkus bubuk agar-agar coklat 
  • 1/4 sendok teh garam
  • 25 gram gula pasir
  • 70 gram dark cooking chocolate

Bahan-bahan hiasan :
  • 12 buah anggur atau sesuai selera
  • 50 gram keju chedar diparut

Cara Membuat Puding Singkong Carnation Nikmat dan Lezat :
  1. Campurkan singkong parut, garam, gula pasir serta bubuk agar-agar, lalu aduk-aduk semua bahan hingga tercampur rata. Bagilah adonan bahan tersebut menjadi 2 bagian. Tambahkan pewarna makanan merah cabe pada bagian satu dan tambahkan juga air pandan pada adonan yang satunya. Aduk-aduk kedua adonan terpisah tersebut hingga rata.
  2. Tuangkan adonan merah kedalam loyang berukuran 24x12x4cm yang sudah diolesi dengan margarine, padatkan adonan dan kukuslah diatas api sedang hingga kira-kira 40 menit.
  3. Selanjutnya taburilah kdengan keju parut dan kukus lagi selma 5 menit.
  4. Tuangkan adonan pandan di atas lapisan keju parut tersebut, kukus kembali hingga 25 menit hingga matang. Angkat dan sisihkan terlebih dahulu.

Bahan II :
  1. Masaklah air dicampur dengan bubuk agar-agar cokelat, garam serta gula pasir sambil diaduk-aduk hingga campuran tersebut mendidih. Matikan api lalu masukkan dark cooking chocolate dan Nestle Carnation lalu aduk-aduk hingga rata
  2. Tuangkan bahan II diatas puding singkong lalu dinginkan.
  3. Hias puding singkong dengan anggur atau sesuai selera serta keju parut.

Resep Puding telah selesai dibuat, sangat mudah bukan? Nah bahan-bahan yang disediakan di atas bisa menghasilkan 10 buah/potong puding singkong. Bagi semua saya ucapkan selamat mencoba dan tetap berkreasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar